Subscribe to our RSS Feeds
Hello, this is a sample text to show how you can display a short information about you and or your blog. You can use this space to display text or image introduction or to display 468 x 60 ads and to maximize your earnings.

waess

0 Comments »
Bagi komputer yang menggunakan Memory/ RAM yang besar sepertinya tak perlu khawatir kehabisan memory untuk membuka games, membuka beberapa program bersamaan, atau apapun program komputer yang membutuhkan memory yang besar. Dan sebaliknya bagi komputer dengan memory terbatas ada baiknya mengetahui sisa memory yang dipakai komputer sehingga komputer tetap stabil dan tidak berat.
Nah, untuk menyiasati hal di atas saya punya cara mudah memantau sisa memory atau RAM idle (memory yang tidak terpakai) pada komputer dengan menggunakan aplikasi super ringan. Aplikasi ini saya ambil secara terpisah dari sebuah program Utility/ Tweaker yang saya lupa namanya apa, hicks… Namun ternyata aplikasi ini dapat berjalan mandiri, dan juga filenya sangat kecil, 102 kb dikompress jadi 55 kb saja. Aplikasi ini akan memonitor sisa memory pada komputer dan bekerja secara real time dan menampilkannya pada taskbar. Sebagai contoh dapat dilihat pada gambar dibawah.

RAM-Idle-Signal-on-taskbar
RAM Idle Monitor

Adapun cara memasangnya pada komputer sangat mudah, silahkan download dulu aplikasinya pada link ini : Download RAM idle Monitor.zip (55 Kb). Setelah itu extract filenya di mana saja -> double click untuk menjalankan aplikasinya, dan SELESAI!! RAM idle Monitor akan langsung tampil pada pojok kanan taskbar komputer Anda seperti gambar di atas.
Sampai di sini sebenarnya sudah selesai, RAM idle Monitor sudah bisa memantau dan memberi signal atas sisa memory pada komputer. Namun kekurangan cara di atas adalah RAM idle Monitor tidak akan muncul secara otomatis dari start up atau dari mulai komputer dihidupkan, artinya kita harus selalu membukanya setiap kali ingin memonitor RAM. Tapi tidak perlu khawatir, saya juga akan memberi cara me-load atau menambahkan aplikasi/ program komputer pada start up sehingga aplikasi/ program tersebut akan otomatis langsung berjalan sejak komputer dihidupkan. OK then, let’s get started!
  1. Pertama, tentukan lokasi dari aplikasi yang akan dipakai. Contoh aplikasi RAM idle Monitor kita simpan dalam folder Used File.
  2. Buka folder Used File lalu klik kanan pada aplikasi RAM idle Monitor dan pilih Copy.
  3. Kemudian Buka Folder Start up pada directory berikut: C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup.
  4. Setelah itu Klik kanan di dalam folder Startup tersebut, plih Paste Shortcut dan selesai.
Dengan menambakan aplikasi tersebut pada directory startup maka aplikasi RAM idle Monitor ini akan berjalan otomatis sejak komputer dinyalakan. Anda juga bisa menambahkan aplikasi lain, misalnya flash atau program lainnya yang executable dengan cara yang sama. Dan ingat untuk tidak merubah lokasi/ directory dari program yang dipakai, atau jika Anda membuat perubahan, maka ulangi cara di atas agar lokasi/ directory tidak broken. Well, that’s all there is. Moga bermanfaat, yaa…!
20.55

0 Responses to "waess"

Poskan Komentar