Subscribe to our RSS Feeds
Hello, this is a sample text to show how you can display a short information about you and or your blog. You can use this space to display text or image introduction or to display 468 x 60 ads and to maximize your earnings.
0 Comments »
Pilkades Menghangat, Ketua DPRD Dan BPMD Turun Gunung
Oleh : Neng Asmah Ahmad | 26-Nov-2012, 01:43:08 WIB
KabarIndonesia - Karawang, Ketua DPRD kabupaten Karawang, Tono Bahtiar, didampingi Sekwan DPRD, Karawang A. Suroto, Sabtu (24/11) secara random melakukan monitoring ke sejumlah simpul wilayah pelaksana Pilkades yang digelar Minggu, 25 November 2012. Selain mengecek kesiapan umum tahapan Pilkdes yang akan digelar di 64 desa itu, tinjauan langsung tersebut dilakukan pula untuk mengimbau agar hajat demokrasi pemerintahan desa di Karawang berjalan kondusif.

"Ini untuk melihat langsung kesiapan Pilkades serempak besok (25 November 2012,red) di Karawang, selain itu pula dalam rangka memonitor kondisi masyarakat pemilih serta kesiapan dari pengamanan jelang Pilkades itu," kata Tono Bahtiar diamini Suroto, kepada pewarta KabarIndonesia lewat wawancara telepon genggam.

Beberapa wilayah yang dipantau oleh Legislator PDIP Perjuangan itu, menurut Suroto, yakni diteruskan monitoringnya meliputi wilayah utara dan selatan Kabupaten Karawang. Rincian simpul titik pantauan sendiri disidak pada beberapa desa di Kecamatan Batujaya serta Kecamatan Telukjambe. "Juga kami selipkan dari gerakan ini untuk menginformasikan kepada masyarakat pemilih di desa Karawang agar menggunakan hak pilihnya secara baik dan benar. Termasuk pula mengimbau seluruh unsur masyarakat untuk menjaga kondusifitas wilayahnya masing-masing selama Pilkades digelar," katanya.

Seirama digerakkan pula kalangan birokrat Pemkab Karawang. Jelang Pilkades, melalui Bidang Pemdes BPMPD Karawang disebutkan pula rangkaian monitoring atas kesiapan umum pada titik pelaksanaan Pilkades telah dilakukan secara bertahap. Hingga kemarin, menurut Ridwan Salam selaku Kabid BPMPD Bidang Pemerintahan Desa, terjun langsung BPMPD dalam memantau kesiapan Pilkades tersebut telah disisir di seluruh penjuru kabupaten. "Kita sudah gelar monitoring ini mulai dari titik utara dan selatan di Karawang. Dan, ini akan diteruskan sampai hari "H" Pilkades serentak nanti," katanya.

Secara umum, tambah Ridwan, jelang Pilkades di 64 Desa di Karawang, penyelenggaraan Pilkades tersebut sudah bisa diselenggarakan dengan kondisi yang relatif kondusif. Termasuk pada urusan bidang logistik dan suntikan dana bantuan Pilkades juga diinformasikannya rampung digelontorkan untuk setiap panitia pelaksana Pilkades. "Secara umum, dari monitoring terakhir hari ini, Karawang siap untuk melangsungkan Pilkades ini. Kepada masyarakat, kami mengimbau agar suksesi hajat demokrasi di tingkat desa ini bisa dijadikan momentum pembelajaran demokrasi dalam menentukan hak pilih sesuai nurani," bebernya.

Sekedar diketahui, Pemerintah Kabupaten Karawang telah mengucurkan dana untuk pelaksanaan Pilkades sebesar Rp20 juta sampai Rp40 juta per desa. Besaran bantuan ini disesuaikan dari jumlah pemilih masing-masing desa penyelenggara yang perbandingannya dihitung atas jumlah hak pilih seperti dituangkan pada Keputusan Bupati Nomor 141.11-Kep79/Huk/2012 tentang Bantuan Dana Penyelenggaraan Pilkades.

Ridwan merinci untuk di desa yang hak pilihnya mencapai 2.000-4.000 orang akan mendapatkan kucuran dana sebesar Rp20 juta. Sementara di desa yang hak pilihnya berjumlah 4.001-6.000, kucuran dana Pilkades digelontorkan peruntukannya sebesar Rp25 juta. Sedangkan untuk desa tertentu yang hak pilihnya mencapai 6.001 sampai 10.000 orang mendapatkan kucuran dana sebesar Rp40 juta.(*)

22.31

0 Responses to " "

Poskan Komentar